Jumat, 02 Oktober 2009

Panasonic Merelease Tipe Lumix DMC-GF1

Panasonic me-release satu kamera pada September 2009 ini, yaitu Panasonic Lumix DMC-GF1. Melihat bentuknya, saya jadi teringat pada Olympus Pen. Apakah di masa mendatang akan muncul tipe-tipe baru dari merk lain yang mengekor? Saat pertama kali mendapat brosur Olympus Pen pada sebuah acara promo Olympus di mall terbesar di Surabaya sekitar bulan Agustus 2009, saya sangat penasaran dengan ukuran tinggi dan tebal body Olympus Pen tersebut. Dalam benak saya, pasti ukuran LCD-nya sudah mengikuti ukuran standar yang beredar di pasaran kamera pocket saat itu, trus dimana letak view-vinder-nya ???


From Panasonic DMC-GF1


Saya ambil semua brosur si Pen itu, dan saya liat semua gambar-gambarnya. Semua gambar diambil dari sisi depan atau sisi lensa, tidak ada satupun diambil dari sisi LCD, ada sepotong aja yang menampilkan semua tombol-tombol kontrol. Meski dari sisi depan ada juga yang ditampilkan lensa view-vinder tempel, yang dipasang pada hot-shoe. Rasa penasaran tetap ada, sampai saya ketemu dan bertanya pada seorang teman. Terjawab sudah, Olympus Pen tidak punya lensa view-vinder seperti SLR, meski lensa SLR bisa dipasangkan disitu, dan akhirnya kembali melihat pada jaman dahulu kala, dimana ternyata tipe itu adalah tipe kamera film yang sekarang dibuat versi digitalnya.

From Panasonic DMC-GF1


View-vinder tempel hanya untuk membantu menyesuaikan posisi dan komposisi obyek yang akan difoto, tentunya dari artikel-artikel yang sudah pernah saya baca, pasti ada sedikit perbedaan dari gambar yang ditangkap oleh lensa sensor. Sudah tentu posisi kedua lensa terdapat jarak beberapa cm, lebar gambar yang dilihat mungkin juga ada perbedaan. Jadi seperti kasus yang sama dengan penggunakan kamera pocket pada jaman film dulu. Untungnya pada tipe digital kali ini, terdapat live view yang menampilkan apa yang ditangkap oleh sensor, jadi view-vinder sudah tidak penting lagi digunakan. Sehingga kamera jenis ini adalah kamera dengan kemampuan SLR yaitu lensa dan sensornya, tapi dengan body yang lebih kecil dan live view seperti kamera digital pocket.

From Panasonic DMC-GF1


Secara tidak sengaja, saat saya mencari artikel cara kerja autofocus pada kamera digital yang ada saat ini, muncul artikel release kamera Panasonic Lumix DMC-GF1. Bentuk dan segalanya sangat mirip dari segi fisik, tentunya fitur-fitur yang disediakan belum tentu sama. Pada kedua kamera itu, sering disebut-sebut istilah Four Thirds camera, saya belum mencari tahu apa maksudnya itu. Body dari kedua kamera tersebut bisa lebih tipis dan lebih kecil karena tidak membutuhkan mirror dan prisma untuk memantulkan gambar dari lensa menuju ke view-vinder.

From Panasonic DMC-GF1


Untuk review silahkan anda cari sendiri dari berbagai website. Masing-masing pengguna memiliki selera yang berbeda-beda, sehingga para produsen kamera menciptakan bermacam-macam tipe yang bisa kita pilih sesuai selera kita. Berikut ini adalah gambar Panasonic Lumix DMC-GF1 saat menggunakan lensa tambahan.

From Panasonic DMC-GF1


sumber : http://www.dpreview.com/previews/PanasonicGF1/

Tidak ada komentar: